Analisis Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Kelas VIII Pada Materi Statistika
DOI:
https://doi.org/10.31597/ja.v11i1.1206Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kemampuan komunikasi matematika siswa kelas VIII pada materi Statistika. Metode penelitian yang digunakan ialah kualitatif deskriptif dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII di SMP Amaliah Ciawi sebanyak 30 orang. Instrumen penelitian enam butir soal tipe essai yang sudah dinyatakan valid secara konstruk dan isi. Teknik analisis data yaitu dengan analisis reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data hasil penelitian terdeskripsikan bahwa subjek berkemampuan tinggi dapat mencapai lima indikator, subjek berkemampuan sedang dapat mencapai empat indikator, dan subjek berkemampuan rendah dapat mencapai tiga indikator. Persentase yang didapatkan di mana untuk kategori tinggi didapatkan 6 orang siswa dengan persentase 20%, untuk kategori sedang didapatkan 19 orang siswa dengan persentase 63%, dan kategori rendah didapatkan 5 orang siswa dengan persentase 16%. Dengan demikian secara keseluruhan tingkat kemampuan komunikasi matematika siswa kelas VIII pada materi Statistika di SMP Amaliah Ciawi secara umum tergolong kategori sedang dan nilai rata-rata siswa 44,33
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Fadya Destiana Fadya, Arif Rahman Hakim

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.