Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Ditintau dari Self Confidence Siswa MTs Pekanbaru
Abstract
Pemahaman konsep matematis merupakan salah satu kemampuan untuk menyelesaikan masalah matematika serta pentingnya aspek kognitif yang menjadi pendukung dalam menyelesaikan permasalaham matematika adalah self confidence, maka tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dan self confidence siswa dilihat dari kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal tes pemahaman konsep matematis. Subjek terdiri dari 19 siswa kelas VIIIC MTs Abdurrab Pekanbaru. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif kualitatif dengan tahapan yang dilakukan yaitu penyusunan instrumen berupa soal kemampuan pemahaman matematis dan angket self confidence, tes kemampuan pemahaman konsep, pengisian angket self confidence, analisis data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh: (1) Siswa dengan self confidence tinggi memiliki pencapaian indikator yang terendah indikator menyatakan ulang sebuah konsep pada soal nomor 1. (2) Siswa dengan self confidence sedang memiliki pencapaian indikator yang terendah pada indikator mengaplikasikan konsep pada soal nomor 2. (3) Siswa dengan self confidence rendah memiliki pencapaian indikator yang terendah pada indikator menggunakan, memanfaatkan dan memilih prosedur atau operasi tertentu dan mengaplikasikan konsep pada soal nomor 2.
Kata kunci: Pemahaman konsep matematis, self confidence