EKOFEMINISME DALAM NOVEL AKIK DAN PENGHIMPUN SENJA KARYA AFIFAH AFRA

  • Andaru Ratnasari
  • Liana Eka Wardani

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh rasa ingin tahu atas kepedulian perempuan dan peran perempuan dalam menjaga kelestarian dan menjaga keseimbangan ekologi. Masalah yang dibahas adalah Pertama, bentuk etika kepedulian terhadap lingkungan yang terdapat dalam novel Akik dan Penghimpun Senja Karya Afifah Afra. Kedua, bentuk peran perempuan terhadap lingkungan yang terdapat dalam novel Akik dan Penghimpun Senja Karya Afifah Afra. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk etika kepedulian terhadap lingkungan yang terdapat dalam novel Akik dan Penghimpun Senja Karya Afifah Afra.
Bentuk peran perempuan terhadap lingkungan yang terdapat dalam novel Akik dan Penghimpun Senja Karya Afifah Afra. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Objek penelitian ini berupa kutipan-kutipan dalam novel Akik dan Penghimpun Senja Karya Afifah Afra. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi yaitu kutipan-kutipan yang diambil dengan menggunakan teknik baca, dan teknik catat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Bentuk etika kepedulian terhadap lingkungan yang terdapat dalam novel Akik dan Penghimpun Senja Karya Afifah Afra terdapat 10 data yang mengandung tentang etika kepedulian terhadap lingkungan yang ditunjukkan oleh perempuan, (2) Bentuk peran perempuan terhadap
lingkungan yang terdapat dalam novel Akik dan Penghimpun Senja Karya Afifah Afra terdapat 7 data yang menunjukkan tentang peran perempuan yang di butuhkan dalam melestarikan lingkungan dan menjaga keseimbangan ekologi.

Published
2020-02-19