A FRASA VERBA BAHASA MADURA

ANALISIS FRASA VERBA BAHASA MADURA DIALEK SUMENEP DI KECAMATAN GULUK-GULUK, SUMENEP

  • Mohammad Saleh saleh
  • Sri Utami

Abstract

Bahasa Madura memiliki tatanan tersendiri pada setiap wilayahnya baik di Sumenep, Pamekasan, Sampang ataupun bangkalan sehingga perlu ditelaah lebih jauh akan identitas masing-masing. Penelitian ini menganalisis frasa verbal dalam bahasa Madura dialek Sumenep yang ditinjau dari tiga aspek yaitu jenis, bentuk makna dan fungsi bahasa Madura dialek Sumenep.

Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif, dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Prosedur penelitian menggunakan teknik observasi, teknik catat dan transkrip. Sedangkan cara untuk menganalisis data menggunakan tabel dengan teknik simak libat cakap, dan teknik BUL (bagi unsur langsung).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk bahasa Madura meliputi aspek jenis, bentuk makna, dan fungsi. Frasa verbal ditinjau dari segi kedudukannya dalam kalimat bahasa Madura dialek Sumenep, dapat berfungsi sebagai predikat, subjek, objek, pelengkap, dan keterangan. Frasa verbal bisa dirumuskan sebagai gabungan dua kata atau lebih yang bersifat endosentrik atributif atau endosentrik koordinatif dengan verbal sebagai unsur intinya. Frasa verbal endosentris atributif terdiri atas unsur inti dan unsur tambahan. Unsur inti diisi oleh verba, sedangkan unsur tambahan diisi oleh kata tambah. Sedangkan frasa verbal endosentris koordinatif merupakan gabungan dua kata yang berkedudukan sama atau sejajar, serta dapat dihubungkan dengan konjungsi.

References

Arifin, Zaenal, Dkk. 2009 Sintaksis Untuk Mahasiswa Stara Jurusan Bahasa tau Linguistik dan Guru Bahasa Indonesia SMA/SMK..Jakarta: PT. Grasindo.
Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian SUatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Khairah, Miftahul. Ridwan, Sakura. 2014. Sintaksis Memahami Satuan Kalimat Perspektif Fungsi. Jakarta: PT. Bumi Aksarah.
Putrayasa, Ida Bagus. 2009 Jenis Kalimat Dalam Bahasa Indonesia. Bandung: Refika Aditama.
Ramlan, M. 2005. Ilmu Bahasa Indonesia Sintaksis. Yogyakarta: C.V Karyono.
Sofyan, Akhmad. Amir Muhammad, & Foriyani Subiyatningsih. 2008. Tata Bahasa-Bahasa Madura. Sidoarjo: Balai Bahasa Surabaya.
Sudaryanto. 2001 Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa. Duta Wacana Jogjakarta : University Press.
Suhartatik. 2019 Hubungan ketercakupan kemaknaan adjektiva bahasa Madura di Kabupaten Sumenep, Jurnal Pendidikan. Vol. 2 No. Agustus 2019. rabu 26 2022.
Published
2022-08-14