PENGEMBANGAN BUKU AJAR KETERAMPILAN MEMBACA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL FOUR-D

  • Ria Kristia Fatmasari
  • Husniyatul Fitriyah

Abstract

Bahan ajar merupakan suplemen bagi peserta didik maupun mahasiswa di universitas atau perguruan tinggi dalam mengoptimalkan hasil belajar. Bahan ajar berkaitan dengan kurikulum karena penyusunannya harus berdasarkan standar proses yang tercantum dalam kurikulum. Kurikulum KKNI (Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia)  masih belum terealisasi pada setiap perguruan tinggi, hal tersebut dapat dilihat dari minimnya buku ajar yang dapat digunakan sebagai bahan ajar .Oleh sebab itu, dibutuhkan pengembangan buku ajar mahasiswa/mahasiswi yang berisi ulasan materi dan tugas-tugas. Buku ajar yang dikembangkan dalam penelitian ini akan berupa buku ajar keterampilan membaca dengan materi, penyajian, kebahasaan dan kegrafikaan yang layak digunakan sehingga memudahkan mahasiswa atau mahasiswi dalam pembelajaran dan memenuhi kebutuhan bahan ajar terkait penerapan Kurikulum KKNI.

Penelitian ini diorientasikan pada penelitian pengembangan buku ajar cetak dengan menggunakan model pengembangan Four-D sebagai langkah penerapan kurikulum KKNI. Model 4-D (four D)  ini terdiri dari 4 tahap pengembangan yaitu define, design, develop, dan disseminate, atau diadaptasikan menjadi model 4-P yaitu pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran.

 Buku ajar yang disusun berisi materi-materi dan evaluasi-evaluasi mengacu standar kompetensi dan kompetensi dasar Kurikulum KKNI. Kualitas dari segi isi/materi, penyajian, kebahasaan, dan kegrafikaan akan disesuaikan dengan standar penyusunan buku teks Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). Buku ajar yang disusun diujicobakan sebelum dilakukan penyebarluasan dan diproduksi secara massal di lingkungan STKIP PGRI Bangkalan. Buku ajar dinyatakan layak jika kualitas dan keefektifan mendapatkan hasil positif.

References

Ahmadi, dkk. 2011. Strategi Pembelajaran Sekolah Terpadu. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.
BSNP. 2009. Instrumen Penilaian Tahap I Buku Teks Pelajaran Pendidikan Dasar dan Menengah. (online) (http://www.sibi.or.id. Diakses 12 Februari 2012).
Ernawati, Tutik. 2008. Pengembangan buku teks bahasa dan sastra Indonesia kelas XI semester II SMA Nahdlatul Ulama 1 Gresik berdasarkan kurikulum tingkat satuan pendidikan. Skripsi tidak diterbitkan. FBS Unesa.
Habibah, Dzurratun. 2007. Pengembangan buku teks bahasa dan sastra Indonesia dengan system komik untuk siswa SMP kelas VII. Skripsi tidak diterbitkan. FBS Unesa
Handayani, Sri. 2006. Pengembangan bahan ajar apresiasi puisi untuk siswa kelas V berorientasi pada prinsip developmentally appropriate practices (DAP) di SDN Made I Surabaya. Skripsi tidak diterbitkan. FBS Unesa.
Hidayati, Rosyidatul. 2008. Peningkatan Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Dengan Pumpunan Materi Brita Melalui Pendekatan Whole Language Siswa Kelas VIII SMP Al Hikmah Surabaya Tahun Pembelajaran 2007/2008. Sripsi tidak diterbitkan. Surabaya: Unesa.
Kurniasari, 2010. Pengembangan Buku Ajar Bahasa Indonesia Bagi Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Tesis tidak diterbitkan. Program Pascasarjana Unesa.
Mulyani, Tri. 2008. Pengembangan buku teks bahasa dan sastra Indonesia kelas VIII Semester II SMP Negeri 2 Pandaan berdasarkan kurikulum tingkat satuan pendidikan. Skripsi tidak diterbitkan. FBS Unesa.
Mulyasa, E. 2007. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: Rosda.
Muslich, Masnur. 2010. Textbook Writing: Dasar-dasar Pemahaman, Penulisan, dan Pemakaian Buku Teks. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Noor Fianti, Marina. 2008. Pengembangan buku teks bahasa dan sastra Indonesia kelas X semester II SMA Negeri 1 Sumberrejo Bojonegoro berdasarkan kurikulum tingkat satuan pendidikan. Skripsi tidak diterbitkan. FBS Unesa.
Prastowo, Andi. 2011. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.
Riduwan. 2011. Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sukmadinata, Nana S. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Rosda
Sumardi. 2000. Buku Pelajaran Bahasa Indonesia SD: Sebagai Sarana Pengembangan Kepribadian, Penalaran, Kreativitas, dan Keterampilan Berkomunikasi Anak. Jakarta: Grasindo.
Tarigan, Henry Guntur dan Djago Tarigan. 2009. Telaah Buku Teks Bahasa Indonesia. Bandung: Angkasa.
Trianto. 2007. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktik. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.
Published
2019-12-19