EFEKTIVITAS PENERAPAN MEDIA AUDIOVISUAL PADA PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS CERITA PRIBADI SISWA KELAS XII MA BUSTANUL ARIFIN DESA TRAMUK KECAMATAN KOKOP KABUPATEN BANGKALAN

  • Sakrim Sakrim
Keywords: Efektivitas, menulis, cerita, pribadi

Abstract

Terdapat aspek-aspek keterampilan bahasa dalam proses pembalajaran. Aspek-aspek keterampilan bahasa itu harus dikuasai oleh peserta didik. Keterampilan berbahasa yang dimaksud yaitu, keterampilan menulis, keterampilan mendengarkan atau menyimak, keterampilan membaca, dan keterampilam berbicara. Aspek-aspek keterampilan berbahasa sebagai tolak ukur dalam pembelajaran. Keberhasilan proses pembelajaran bisa ditinjau pada hasil belajar siswa di sekolah. Hasil belajar diartikan sebagai capaian prestasi belajar siswa dengan menggunakan kriteria. Kriteria merupakan patokan atau acuan untuk mencapai nilai di sekolah.

Berdasarkan hasil analisis nilai siswa dalam menulis cerita pribadi kelas XII semester I SMA MA Bustanul Arifin Lukguluk Tramok kecamatan Kokop kabupaten Bangkalan sebelum menggunakan media audio visual hasilnya lebih banyak siswa yang mendapatkan nilai 0-70 adalah 23 siswa dengan kriteria kurang baik sedangkan yang mendapatkan nilai 71-100 berjumlah 3 orang dengan kriteria sangat baik. Hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa setelah mengadakan tes tulis yang kedua menggunakan audio visual pada cerita peribadi siswa kelas XII semester I MA Bustanul Arifin Lukguluk Tramok kecamatan Kokop kabupaten Bangkalan yang mendapat nilai 70-80 berjumlah 4 siswa, nilai 81-90 sebanyak 14 orang dengan kriteria baik, dan siswa yang mendapat nilai 91-100 6 siswa.

References

Abuddin, Nata. 2009. Perspektif Islam Tentang Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta
Dalman. 2014. Keterampilan Menulis. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada
Darsono, Max. 2000. Belajar dan Pembelajaran. Semarang: CV. IKIP Semarang Press.
Mulyasa. 2009. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarta
Rusman. 2010. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Sakrim. 2017. Keterampilan Menulis Karya Ilmiah dan Non Ilmiah. STKIP PGRI Bangkalan. Bangkalan
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta
Supardi. 2013. Sekolah Efektif Konsep Dasar dan Praktiknya. Jakarta: Karisma Putra Utama Offset
Syaiful Bahri Djamarah dan Aswan Zain. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Published
2019-12-17