http://publikasi.stkippgri-bkl.ac.id/index.php/KGU/issue/feedKeguru : Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar2021-06-13T08:57:24+00:00Adminstkip.keguru@gmail.comOpen Journal Systems<p style="margin: 0cm; margin-bottom: .0001pt; text-align: justify;">Jurnal KEGURU adalah Open Access Journal yang telah memiliki no ISSN <a title="ISSN (Online)" href="http://issn.pdii.lipi.go.id/issn.cgi?daftar&1489361559&1&&">2579-9916(ISSN Online)</a> dan <a title="ISSN (Cetak)" href="http://issn.pdii.lipi.go.id/issn.cgi?daftar&1489361095&1&&">2579-9886(ISSN Cetak)</a></p> <p style="margin: 0cm; margin-bottom: .0001pt; text-align: justify;">Redaksi menerima artikel hasil letters, research notes, articles, suplemental articles atau review articles hasil penelitian dan pemikiran dengan fokus bidang Pengajaran dan Pendidikan di Sekolah Dasar berupa pedagogik, manajemen sekolah/laboratorium di sekolah dasar, evaluasi pembelajaran, profesi guru, media pembelajaran, lesson study dan Penelitian tindakan kelas, termasuk Pendidikan Karakter; Sosial; Budaya; dan Keagamaan.</p> <p style="margin: 0cm; margin-bottom: .0001pt; text-align: justify;"> </p> <p style="margin: 0cm; margin-bottom: .0001pt; text-align: justify;"><span style="color: black;">Redaksi menerima naskah dengan ketentuan 6-15 halaman dengan ukuran kertas A4 spasi ganda dilengkapi biodata dan affliasi penulis, lebih disukai jika memakai sistem referensi End-note, Zotero dan Mendeley.</span></p>http://publikasi.stkippgri-bkl.ac.id/index.php/KGU/article/view/630PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN KOLABORASI CARD SORT DENGAN TEAM QUIZ SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR DALAM PROSES PEMBELAJARAN PKn NILAI-NILAI PANCASILA SEBAGAI DASAR DAN IDEOLOGI NEGARA2021-06-13T08:57:24+00:00Nina Irawatininanirawhaty120167@gmail.com<p>Abstrak<br>Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar dalam proses pembelajaran PKn materi Nilai-nilai Pancasila sebagai Dasar dan Ideologi Negara pada siswa kelas VIII A MTs Manba’ul Hikam Tahun 2020 melalui penerapan strategi pembelajaran kolaborasi Card Sort dengan Team Quiz.<br>Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa minat belajar siswa dalam proses pembelajaran PKn materi Nilai-nilai Pancasila sebagai Dasar dan Ideologi Negara di kelas VIII A MTs Manba’ul Hikam Tahun 2020 sebelum dilaksanakan Penelitian Tindakan Kelas yaitu siswa yang minat mengikuti pelajaran sebanyak 6 siswa (24%). Setelah dilakukan tindakan yang disepakati yaitu dengan menerapkan strategi pembelajaran kolaborasi Card Sort dengan Team Quiz pada proses pembelajaran PKn materi Nilai- nilai Pancasila sebagai Dasar dan Ideologi Negara diperoleh hasil yaitu siklus I minat belajar siswa meningkat menjadi 12 siswa (48%), siklus II meningkat menjadi 19 siswa (76%). Hasil penelitian ini sudah memenuhi indikator pencapaian. Berdasarkan data hasil penelitian tindakan kelas tersebut maka hipotesis tindakan yang menyatakan “Diduga melalui Penerapan Strategi Pembelajaran kolaborasi Card Sort dengan Team Quiz dapat Meningkatkan Minat belajar dalam Proses Pembelajaran PKn Materi Nilai-Nilai Pancasila sebagai Dasar dan Ideologi Negara pada siswa kelas VIII A MTs Manba’ul Hikam Kabupaten Boyolali tahun 2020”. terbukti dan dapat diterima kebenarannya.<br>Kata kunci: Strategi Pembelajaran kolaborasi, Card Sort dengan Team Quiz, Minat Belajar Siswa, Nilai-nilai Pancasila sebagai Dasar dan Ideologi Negara</p>2021-06-03T13:44:35+00:00Copyright (c) 2021 KEGURU "Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar"http://publikasi.stkippgri-bkl.ac.id/index.php/KGU/article/view/629PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU DALAM MENERAPKAN PEMBELAJARAN BERBASIS HOTS YANG KONTEKSTUAL MELALUI PENDAMPINGAN PADA GURU di UPTD SDN UJUNG PIRING KECAMATAN BANGKALAN KABUPATEN BANGKALAN 2021-06-13T08:57:24+00:00Muhammad Mahmudmm4823070@gmail.com<p>Dalam dunia pendidikan tidak mengenal berhenti dalammelakukan pembaharuan bak dari sistim, kurikulum maupun proses pembelajaran yang harus diakukan siswa.Proses belajar bukan hanya menghafal, namun setiap siswa harus mengkostruksikan pengetahuannya untuk dapat mendapatakan penegtahuan baru yang diharakan dapat digunakan untuk meecahkan permasalahan dalam hidupnya. Anak belajar bukan hanya mengenal tetapi harus mengalaminya sendiri, mencatat sendiri tentang apa yang diamatinya, bukan hanya sekedar diberi oleh guru. Untuk itu agar pengetahuan bermakna bagi anak guru harus membantu siswa untuk mengaitkan pengetahuan yang sedang dipelajarinya dengan dunia nyata yang ada pada siswa. Permasalahan yang diangkat dirumuskan sebagai berikut :1) Bagaimana pendampingan dapat meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun rencana pembelajaran berbasis HOTS yang kontekstual di SDN Ujung Piring Tahun Pelajaran 2019/2020?; 2) Bagaimana pendampingan dapat meningkatkan kemampuan guru dalam menerapkan pembelajaran berbasis HOTS yang kontekstual di SDN Ujung Piring Tahun Pelajaran 2019/2020?. Subyek penelitiannya adalah guru di SDN Ujung Piring Kecamatan Tajungbumi Kabupaten Bangkalan Tahun Pelajaran 2019/2020 sejumlah 9 orang guru. Model penelitian ini adalah merupakan penelitian tindakan dengan dua siklus. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian per siklus diketahui bahwa dengan menggunakan supervisi dengan pendampingan siklus pertama tingkat keberhasilan dalam menyusun RPP mencapai 33,33%, sedangkan siklus kedua mencapai 100%. Dalam melaksanakan proses pembelajaran pada siklus pertama tingkat keberhasilan 22,22% sedangkan pada siklus kedua 88,89%.Kesimpulan yang diambil adalah bahwa supervisi dengan pendampingan dapat meningkatkan kemampuan guru di SDN Ujung Piring Kabupaten Bangkalan Tahun Pelajaran 2019/2020 dalam menyusun rencana pembelajaran berbasis HOTS yang kontekstual dan dapat meningkatkan kemampuan dalam guru di SDN Ujung Piring Kabupaten Bangkalan Tahun Pelajaran 2019/2020 dalam menerapkan pembelajaran kontekstual. Saran yang diberikan adalah agar pembelajaran kontekstual bisa diterapkan pada setiap mata pelajaran dan perlunya peningkatan kegiatan KKKS.</p>2021-06-03T00:00:00+00:00Copyright (c) 2021 KEGURU "Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar"http://publikasi.stkippgri-bkl.ac.id/index.php/KGU/article/view/638PEMBELAJARAN BERBASIS RISET UNTUK MELATIHKAN HIGHER ORDER THINKING SKIL PADA SISWA KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH 2021-06-13T08:57:24+00:00Miftakhur Rizkimiftakhurrzk78@gmail.com<p>Pendidikan menjadi wadah dalam mengembangkan potensi siswa dalam aspek pengetahuan, sikap, serta keterampilan. Aspek tersebut menjadi hal yang tidak bisa dipisahkan guna mencetak generasi mampu menghadapi perkembangan peradapan Melatihkan siswa dalam higher order thingking skill menjadi bekal siswa dalam menjalani kehidupan nyata. Tujuan penelitian ini melatihkan higher order thingking skill khususnya pada Siswa Madrasah Ibtidaiyah. </p> <p>Pendekatan penelitian ini berkategori quasi-kuantitatif. Partisipan penelitian ini adalah siswa kelas IV di MIM 21 Kapas Bojonegoro yang berjumlah 12 siswa. Teknik pengumpulan data yakni dengan observasi, tes, dan angket. Desain pada penelitian ini menggunakan One-Group Pretes-Postest Design untuk melatihkan higher order thingking skill sebelum dan sesudah pelaksanaan pembelajaran berbasis riset.</p> <p>Hasil penelitian ini adalah (1) aktivitas siswa selama pelaksaan pembelajaran berbasis riset menunjukkan adanya peningkatan proses pembelajaran dikelas sehingga siswa mampu terlibat aktif selama pembelajaran berlangsung; (2) tes higher order thinking skil yang dilakukan secara mandiri oleh siswa menunjukan adanya peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari data yang menunjukkan pada pertemuan 1 ketuntusan secara klasikal mencapai 45%, pertemuan 2 mencapai 60%, dan meningkat menjadi 77% pada pertemuan 3; (3) respons siswa selama pelaksanaan pembelajaran berbasis riset menjunjukkan prosentase jawaban siswa pada setiap aspek pertanyaan berada ≥65% sehingga dapat dikatakan pembelajaran berbasis riset positif untuk diterapkan dalam pembelajaran IPA siswa kelas IV MIM 21 Kapas Bojonegoro. </p>2021-06-13T08:55:43+00:00Copyright (c) 2021 KEGURU "Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar"