PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU DALAM MENERAPKAN PEMBELAJARAN BERBASIS HOTS YANG KONTEKSTUAL MELALUI PENDAMPINGAN PADA GURU di UPTD SDN UJUNG PIRING KECAMATAN BANGKALAN KABUPATEN BANGKALAN

Authors

  • Muhammad Mahmud UPTD SDN Ujung Piring

DOI:

https://doi.org/10.31597/kgu.v5i01.629

Keywords:

Pembelajaran Kontekstual,Pendampingan

Abstract

Dalam dunia pendidikan tidak mengenal berhenti dalammelakukan pembaharuan bak dari sistim, kurikulum maupun proses pembelajaran yang harus diakukan siswa.Proses belajar bukan hanya menghafal, namun setiap siswa harus mengkostruksikan pengetahuannya untuk dapat mendapatakan penegtahuan baru yang diharakan dapat digunakan untuk meecahkan permasalahan dalam hidupnya. Anak belajar bukan hanya mengenal tetapi harus mengalaminya sendiri, mencatat sendiri tentang apa yang diamatinya, bukan hanya sekedar diberi oleh guru. Untuk itu agar pengetahuan bermakna bagi anak guru harus membantu siswa untuk mengaitkan pengetahuan yang sedang dipelajarinya dengan dunia nyata yang ada pada siswa. Permasalahan yang diangkat dirumuskan sebagai berikut :1) Bagaimana pendampingan dapat meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun rencana pembelajaran berbasis HOTS yang kontekstual di SDN Ujung Piring Tahun Pelajaran 2019/2020?; 2) Bagaimana pendampingan dapat meningkatkan  kemampuan guru dalam menerapkan pembelajaran berbasis HOTS yang kontekstual di SDN Ujung Piring Tahun Pelajaran 2019/2020?.                Subyek penelitiannya adalah guru di SDN Ujung Piring Kecamatan Tajungbumi Kabupaten Bangkalan Tahun Pelajaran 2019/2020 sejumlah 9 orang guru. Model penelitian ini adalah merupakan penelitian tindakan dengan dua siklus. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian per siklus diketahui bahwa dengan menggunakan supervisi dengan pendampingan siklus pertama tingkat keberhasilan dalam menyusun RPP mencapai 33,33%, sedangkan siklus kedua mencapai 100%. Dalam melaksanakan proses pembelajaran pada siklus pertama tingkat keberhasilan 22,22% sedangkan pada siklus kedua 88,89%.Kesimpulan yang diambil adalah bahwa supervisi dengan pendampingan dapat meningkatkan kemampuan guru di SDN Ujung Piring Kabupaten Bangkalan Tahun Pelajaran 2019/2020 dalam menyusun rencana pembelajaran berbasis HOTS yang  kontekstual dan dapat meningkatkan kemampuan dalam guru di SDN Ujung Piring Kabupaten Bangkalan Tahun Pelajaran 2019/2020 dalam menerapkan pembelajaran kontekstual. Saran yang diberikan adalah agar pembelajaran kontekstual bisa diterapkan pada setiap mata pelajaran dan perlunya peningkatan kegiatan KKKS.

Downloads

Published

2021-06-03

How to Cite

Muhammad Mahmud. (2021). PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU DALAM MENERAPKAN PEMBELAJARAN BERBASIS HOTS YANG KONTEKSTUAL MELALUI PENDAMPINGAN PADA GURU di UPTD SDN UJUNG PIRING KECAMATAN BANGKALAN KABUPATEN BANGKALAN . Keguru : Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar, 5(01), 06–16. https://doi.org/10.31597/kgu.v5i01.629

Issue

Section

Articles