Peningkatan kemampuan Guru Dalam menerapkan Pembelajaran Berbasis InQuiry melalui Pendampingan dalam Pembelajaran di SMPN 2 Burneh Bangkalan
DOI:
https://doi.org/10.31597/kgu.v4i02.413Keywords:
Pembelajaran Berbasis Inquiry , PendampinganAbstract
Pembelajaran yang bermutu adalah pembelajaran dimana terjadi interaksi maksimal peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar dalam suatu lingkungan belajar, oleh karenanya, tampilan pembelajaran bermutu di sekolah merupakan kewajiban bagi guru secara umum, namun hal ini masih belum dilakukan secara maksimal oleh guru. Kebanyakan para guru hanya terfokus pada teknik pembelajaran tradisional dimana guru masih mendominasi jalannya pembelajaran. Salah satu model pembelajaran kooperatif yang dapat diterapkan guru untuk meningkatkan prestasi belajar siswa di kelasnya yaitu Model Pembelajaran Berbasis Inquiry .Tujuan penelitian yang dimaksud adalah untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan kemampuan guru dalam menerapkan Pembelajaran Berbasis Inquiry Melalui Pendampingan dalam pembelajaran di SMPN 2 Burneh Subyek penelitiannya adalah guru di SMPN 2 Burneh sejumlah 10 orang. Model penelitian ini adalah merupakan penelitian tindakan sekolah dengan tiga siklus. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi dan dokumentasi. Kesimpulan yang diambil adalah bahwa ada peningkatan kemampuan guru dalam Menerapkan Pembelajaran berbasis Inquiry melalui Pendampingan dalam Pembelajaran di SMPN 2 Burneh.