Penerapan Media Power Point untuk meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas IX di SMPN 1 Bangkalan
DOI:
https://doi.org/10.31597/kgu.v4i02.412Keywords:
Belajar IPS, Media Interaktif Power PointAbstract
Agar dapat mengajar efektif, guru harus meningkatkan kesempatan belajar bagi siswa (kuantitas) dan meningkatkan mutu (kualitas) mengajarnya. Kesempatan belajar siswa dapat ditingkatkan dengan cara melibatkan siswa secara aktif dalam belajar. Hal ini berarti kesempatan belajar makin banyak dan optimal serta guru menunjukkan keseriusan saat mengajar. Makin banyak siswa yang terlibat aktif dalam belajar, makin tinggi kemungkinan prestasi belajar yang dicapainya. Permasalahan yang ingin dikaji dalam dalam penelitian ini adalah apakah ada peningkatan prestasi belajar IPS dengan diterapkannya media Power Point interaktif pada siswa kelas IX . Tujuan penelitian tindakan ini adalah ingin mengetahui ada tidaknya peningkatan prestasi belajar IPS dengan diterapkannya media interaktif Power Point pada siswa Kelas IX di SMPN 1 Tragah. Simpulan dari penelitian ini adalah media interaktif Power Point dapat meningkatkan prestasi belajar IPS siswa Kelas IX di SMPN 1 Tragah, serta media pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran IPS.