Kompetensi Guru Sekolah Dasar Dalam Mengimplementasikan Kurikulum 2013 (Studi Kasus Pada KKG Kelas 5 Sekecamatan Lembeyan Magetan)
DOI:
https://doi.org/10.31597/kgu.v4i02.411Keywords:
Kompetensi, Implementasi, Kurikulum 2013.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kompetensi Guru-Guru Kelas 5 SDN sekecamatan Lembeyan diantaranya Kompetensi itu (1) mengetahui perencanaan pembelajaran Guru-Guru Kelas 5 sekecamatan Lembeyan berbasis Kurikulum 2013; (2) mengetahui pelaksanaan pembelajaran Guru-Guru Kelas 5 Kecamatan Lembeyan berbasis Kurikulum 2013; (3) mengetahui penilaian outentik Guru-Guru Kelas 5 sekecamatan Lembeyan
Metode penelitian menggunakan deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan populasi, dengan responden 10 guru kelas 5, 5 Kepala Sekolah, dan ketua Kelompok Kerja Guru (KKG) di Kecamatan Lembeyan. Teknik pengumpulan data menggunakanobservasi, wawancara, dan dokumentasi. pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan instumen penilaian outentik.Analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan model interaktif yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman.Uji validitas instrumen penelitian berdasarkan validasi logis dan validasi empiris.
Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) persiapan dan perencanaan pembelajaran kurikulum 2013 telah di persiapakan dengan baik dengan di buktikan dokumen dokumen perangkat pembelahjaran dengan lengkap dan sesuai komponen –komponen kurikulum 2013 (2) Pelaksanaan pembelajaran saintifik sudah dilaksanakan sesuai dengan perangkat yang telah disiapkan yang semua sudah mengacu pada panduan kurikulum 2013.(3) Penilaian Outentik juga sudah dilaksanakan sesuai materi dan perancanaan kurikulum 2013.