Pengaruh Relationship Marketing Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Bengkel “Flash” Di Surabaya
DOI:
https://doi.org/10.31597/ecs.v6i2.896Keywords:
pemasaaran, pelanggan, loyalitasAbstract
Kebutuhan akan sarana transportasi semakin meningkat seiring dengan laju pertumbuhan penduduk, khususnya di kota-kota besar di Indonesia. Surabaya sebagai kota terbesar kedua di Indonesia sangat memerlukan sarana transportasi untuk mobilitas penduduknya. Buruknya sarana transportasi umum di Surabaya menjadikan kebutuhan akan kendaraan pribadipun semakin meningkat. Hasil penelitian dengan menggunakan Regresi Linear Berganda dimana Hasil uji hipotesa 1 melalui uji “F” menyatakan bahwa variabel Financial Benefits (X1), Social Benefits (X2), Structural Ties (X3) mempunyai pengaruh yang signifikan secara simultan terhadap Customer Loyalty, terbukti kebenarannya. Kesimpulan ini didasarkan pada hasil analisa yang menunjukkan nilai F hitung (88.432) > F tabel (2,6994) dengan tingkat kesalahan prediksi/meramal sebesar 0,0000 yang nilainya lebih kecil dari 0,05 atau 5%. Hasil uji hipotesa 2 melalui uji “t” dapat diketahui variabel independen Financial Benefits (X1), variabel Financial Benefits (X1) t hitung (4,932) > t tabel (1,9850) dengan memiliki tingkat kesalahan meramal (sign) sebesar 0,0000 < 0,05 atau 5 persen. Untuk variabel Social Benefits (X2) t hitung (2,870) > t tabel (1,9850) dengan memiliki tingkat kesalahan meramal (sign) sebesar 0,005 < 0,05 atau 5 persen. Untuk variabel Structural Ties (X3), t hitung (2,870) > t tabel (1,9850), dengan memiliki tingkat kesalahan meramal (sign) sebesar 0,002 lebih kecil dari taraf signifikansi sebesar 0,05 atau 5%. Dari pengujian di atas maka diketahui bahwa hipotesa kedua yang telah diajukan peneliti terbukti kebenarannya. Sehingga hipotesa yang menyatakan bahwa Financial Benefits (X1), Social Benefits (X2), Structural Ties (X3) mempunyai pengaruh yang signifikan secara parsial terhadap Customer Loyalty, didukung atau terbukti kebenarannya. Hasil uji hipotesa 3 Financial Benefits (X1) sebesar 0,450 > 0,281 , 0,313 merupakan variabel yang mempunyai pengaruh paling besar atau dominan terhadap Customer Loyalty (Y). Persamaan Regresi Linear Berganda adalah sebagai berikut.
Y = 0,601 + 0,356X1 + 0,165X2 + 0,202X3 + e