Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Mie Sakera di Kecamatan Kalisat Kabupaten Jember
DOI:
https://doi.org/10.31597/ecs.v6i2.886Abstract
Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui apakah kualitas produk berpengaruh secara parsial terhadap loyalitas pelanggan. (2) Untuk mengetahui apakah kualitas layanan berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan. (3) Untuk mengetahui apakah kualitas produk dan kualitas layanan berpengaruh secara simultan terhadap loyalitas pelanggan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan pengambilan sampel menggunakan tipe purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah pembeli Mie Sakera di Kecamatan Kalisat Kabupaten, sampelnya adalah 30 pelanggan. Dalam penelitian ini, pengumpulan data dengan kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda RLB (multivariate linear regression). Hasil penelitian ini. (1) Kualitas produk berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan, diperoleh hasil nilai signifikansi 0,03 < 0,05 dan t hitung > t tabel (2,754 > 2,052). Yang artinya kualitas produk X1 berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan Y. (2) Kualitas pelayanan berpengaruh terhadap hasil loyalitas pelanggan, diperoleh hasil nilai signifikansi 0,04 < 0,05 dan t hitung > t tabel (2,642 > 2,052). Artinya kualitas pelayanan X2 berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan Y. (3) Kualitas produk X1 dan kualitas pelayanan X2 secara simultan berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan. Hasil tersebut diperoleh dari nilai f hitung sebesar 6,539 > 3,39 dan nilai signifikansinya adalah 0,03 < 0,05.
Kata kunci : Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, dan Loyalitas Pelanggan