Pengaruh Penggunaan Google Classroom Dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Administrasi Kepegawaian Kelas XII Administrasi Perkantoran di SMKN 1 SOOKO Mojokerto
DOI:
https://doi.org/10.31597/ecs.v5i2.716Keywords:
Penggunaan Google classroom, Kemandirian Belajar, Hasil Belajar SiswaAbstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh penggunaan google classroom terhadap hasil belajar siswa; mengetahui dan menganalisis pengaruh kemandirian belajar terhadap hasil belajar siswa serta; mengetahui dan menganalisis pengaruh penggunaan google classroom dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar siswa pada siswa kelas XII OTKP di Smkn 1 Sooko Mojokerto. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif. Kelas XII OTKP di SMK Negeri 1 Sooko Mojokerto sebanyak 100 siswa merupakan Populasi dalam penelitian ini. Metode penentuan sampel penelitian ini ditetapkan dengan menggunakan rumus Slovin sebanyak 80 siswa. Pengumpulan data menggunakan teknik kuisioner, dokumentasi dan wawancara. Dengan menggunakan metode uji asumsi klasik yakni menggunakan uji normalitas, uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas dan menggunakan analisa linier berganda serta uji hipotesis yakni uji t, uji f dan uji koefesien determinasi (R²) yang bertujuan untuk menguji data serta mencari hasil penelitian. Hasil analisa dari uji t menyimpulkan jika penggunaan google classroom berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa sebesar 0,038 < 0,05 dan kemandirian belajar berpengaruh signifikan terhadap nilai belajar siswa sebesar 0,027 < 0,05.