Pengembangan E-Modul Mata Pelajaran Sarana Dan Prasarana Kelas XII OTKP SMK IPIEMS Surabaya
DOI:
https://doi.org/10.31597/ecs.v5i2.715Keywords:
Bahan Ajar, Modul Elektronik, Mata Pelajaran Sarana dan PrasaranaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul elektronik pada mata pelajaran sarana dan prasarana serta untuk mengetahui respon siswa terhadap penggunaan modul elektronik pada proses pembelajaran. Pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian pengembangan model ADDIE (analisis, desain, pengembangan, implementasi, evaluasi). Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII OTKP SMK Ipiems Surabaya. Dalam pengembangan modul elektronik ini, peneliti melakukan tiga validasi ahli yaitu validasi ahli materi, validasi ahli media dan validasi ahli bahasa untuk menentukan kelayakan modul elektronik. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah sebagai berikut. 1) Modul elektronik yang telah disiapkan berkualitas baik, namun masih perlu ditingkatkan. 2) respon siswa terhadap penggunaan modul elketronik dalam pembelajaran sangat baik.