Pengembangan Media Pembelajaran Komik Foto Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas X Program Studi Akuntansi SMK Negeri 3 Bangkalan
DOI:
https://doi.org/10.31597/ecs.v5i2.711Keywords:
Media Pembelajaran Akuntansi, Komik Foto, Motivasi Belajar Siswa, ADDIEAbstract
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengembangkan Komik Foto sebagai media pembelajaran pada materi Jurnal Penyesuaian bagi siswa Kelas X Akuntansi di SMK Negeri 3 Bangkalan. Penelitian pengembangan ini menggunakan tahapan Reseach and Development (R&D) yang menggunakan model ADDIE. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Analysis, berdasarkan analisis produk untuk dikembangkan adalah media pembelajaran Komik Foto. 2) Design, pada tahap ini peneliti mengumpulkan data dan materi, membuat ringkasan cerita, pembuatan storyline, dan photo shoot dilanjutkan pada tahap pengembangan media pembelajaran komik foto 3) Development, pada tahap ini dilakukan penilaian dan evaluasi media pembelajaran komik foto. Tingkat kelayakan Media Pembelajaran Komik Foto berdasarkan penilaian: 1) Ahli Materi diperoleh rata-rata skor sebesar 3,3 termasuk dalam kategori Sangat Layak 2) Ahli Media diperoleh rata-rata skor sebesar 3,5 termasuk dalam kategori Sangat Layak 3) Praktisi pembelajaran akuntansi (guru) diperoleh rata-rata skor sebesar 3,01 termasuk dalam kategori Sangat Layak dan penilaian (siswa) diperoleh skor rata-rata sebesar 3,08 termasuk dalam kategori Sangat Layak 4) Implementation, mendapat komentar sangat baik dari guru dan siswa karena merupakan media pembelajaran baru 5) Evaluate, pada tahap ini diketahui bahwa Media Pembelajaran Komik Foto dapat meningkatkan Motivasi Belajar siswa kelas X Akuntansi SMK Negeri 3 Bangkalan sebesar 0,64 yang termasuk dalam kategori sedang.