Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas 12 OTKP 2 Di SMKN 1 Surabaya

Authors

  • Fani fajar ardianti Universitas Negeri Surabaya
  • Brillian Rosy Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.31597/ecs.v5i2.710

Keywords:

Pembelajaran Daring, Motivasi Belajar

Abstract

Tujuan dengan adanya penelitian ini agar mendapatkan pengetahuan dan menganalisa pengaruh pembelajaran daring terhadap motivasi belajar siswa kelas 12 OTKP 2 di SMK Negeri 1 Surabaya. Pendekatan kuantitatif merupakan pendekatan dalam penelitian ini yang menggunakan metode survey. Penelitian tersebut dilakukan di SMKN 1 Surabaya dengan mencakup 35 siswa kelas 12 OTKP 2. Teknik dalam pengumpulan data ini menggunakan teknik survei yaitu skala likert. Survey dibuat di google form sehingga mudah terakses oleh siswa. Teknik dalam analisis data yang digunakan yakni menghitung persentase data pada masing-masing indikator yang mempergunakan uji analisis regresi linier berganda, kemudian menginterpretasikan skor penyajian data dan menganalisis masing-masing indikator secara mendalam. Pengumpulan data memakai teknik wawancara, dokumentasi dan angket kuisioner. Teknik analisis data memakai metode uji asumsi klasik yakni memakai uji normalitas, uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas dan memakai analisa linier berganda serta uji hipotesis yakni uji t, uji f dan uji koefesien determinasi (R²). Hasil uji t pada X1 yaitu sebesar 0,040 < 0,05 yang bisa diartikan jika hipotesis diterima dan di dapatkan kesimpulan bahwa pembelajaran daring berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa.

Downloads

Published

2021-11-22

How to Cite

fajar ardianti, F., & Brillian Rosy. (2021). Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas 12 OTKP 2 Di SMKN 1 Surabaya. Eco-Socio: Jurnal Ilmu Dan Pendidikan Ekonomi, 5(2), 73–83. https://doi.org/10.31597/ecs.v5i2.710