SIKAP DOSEN TERHADAP KINERJANYA DITINJAU DARI KEMAMPUAN KERJA DAN KARAKTERISTIK KERJA DI IKIP PGRI JEMBER
Keywords:
sikap dosen, kinerja para dosen, kemampuan kerja, karakteristik kerjaAbstract
IKIP PGRI Jember saat tahun 2015 telah di non aktifkan oleh Kemenristek Dikti karena ditemukannya rasio perbandingan dosen dan mahasiswa yang tidak sama pada aturan yang telah di tetapkan Dikti yakni 1 : 45 yaitu satu dosen berbanding dengan empat puluh lima mahasiswa. Rasio dosen dan mahasiswa di IKIP PGRI Jember pada saat tahun 2015 mencapai 1 : 600 yakni satu dosen dibanding enam ratus mahasiswa. Selain itu ada isu ijazah yang dikeluarkan oleh IKIP PGRI ialah illegal. Setelah kini status non aktif dicabut dan IKIP PGRI Jember aktif kembali, maka IKIP PGRI Jember melakukan berbagai upaya perbaikan dari segi kualitas, termasuk salah satunya perbaikan kinerja para dosen. Diharapkan dengan adanya sikap Dosen yang memiliki kemampuan dan karakteristik kerja yang baik maka kinerja para dosen juga menjadi baik. Tuntutan yang tinggi pada Perguruan Tinggi dituntut tidak hanya sebatas mampu menghasilkan lulusan yang bisa dinilai secara akademis, melainkan dinilai secara keseluruhan, baik secara program dan lembaga. Perguruan tinggi juga harus mampu membuktikan kualitas yang tinggi yang didukung oleh akuntabilitas yang ada. Bukti prestasi yang dimiliki oleh perguruan tinggi tercermin pada penilaian, sertifikasi kualitas, keberhasilan alumni dalam mengerjakan pekerjaan yang sesuai dengan bidang ilmunya, serta evaluasi juga sangat dibutuhkan untuk memperoleh pengakuan dari masyarakat. Adanya pergantian kurikulum, pergantian metode pengajaran, pergantian sistem paket semester menjadi sistem kredit, dan sebagainya akan berdampak pada lamanya masa studi serta kualitas lulusan yang lebih baik. Target luaran penelitian ini ialah agar Dosen IKIP PGRI Jember bisa membenahi diri terutama kinerjanya agar permasalahan dan kejadian di Tahun 2015 tidak terulang kembali. Populasinya ialah seluruh Dosen yang ada di IKIP PGRI Jember. Metode analisis yang dipakai ialah analisis regresi linier berganda. Hasil analisis menunjukkan jika sikap dosen yang ditinjau dari kemampuan kerja, karakteristik individu, pekerjaan dan situasi kerja memiliki pengaruh yang positif signifikan pada kinerja para dosen.