PENGARUH KUALITAS LAYANAN PENYAMBUNGAN ALIRAN LISTRIK TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DI KELURAHAN PEJAGAN KABUPATEN BANGKALAN
Keywords:
Penyambungan, Tangibles, Reliability, Responsiveness, Assurances, Kepuasan, PelangganAbstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh dari kualitas layanan penyambungan aliran listrik terhadap kepuasan pelanggan secara simultan dan parsial terhadap kepuasan pelanggan di kelurahan pejagan kampung injing-injing Kabupaten bangkalan , Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan koesioner, observasi dan dokumentasi dengan mengambil seluruh populasi atau pelanggan PLN di kelurahan pajagan kampung injing-injing. Data primer dalam penelitian ini diperoleh dari kuesioner yang pengukurannya menggunakan skala likert dan dioleh secara statistik dengan menggunakan SPSS versi 17.0, yaitu Uji F dan Uji T dan dibandingkan dengan dan pada taraf signifikan 5%. Dari hasil penelitian dapat diketahui (1) Terdapat pengaruh yang signifikan antara tangibles, reliability, responsiveness dan assurance secara simultan terhadap Kepuasan pelanggan Penyambungan aliran listrik karena > (10.664 > 2.50) dan signifikan 0,000 atau 0% <5% (2) Pengaruh variabel tangibles terhadap kepuasan pelanggan Penyambungan aliran listrik dengan = 3.582 > 1.666 berarti signifikan. (3) Pengaruh variabel reliability terhadap kepuasan pelanggan Penyambungan aliran listrik dengan = -2.546 > -1.666 berarti signifikan. (4) Pengaruh variabel responsiveness terhadap kepuasan pelanggan Penyambungan aliran listrik dengan = -3.118 > -1.666 berarti signifikan. (5) Pengaruh variabel assurances terhadap kepuasan kepuasan pelanggan Penyambungan aliran listrik dengan = 4.358> 1.666 berarti signifikan.