Pengembangan Modul Elektronik Ayo Berkarakter Pancasila Untuk Pembelajaran Jarak Jauh SMA/SMK/MA Kelas XI Semester 2

Authors

  • afriska yurniawati Universitas Islam Balitar Blitar
  • Ida Putri Rarasati Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Universitas Islam Balitar Blitar
  • Moch Yusuf Zen Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Universitas Islam Balitar Blitar

DOI:

https://doi.org/10.31597/ccj.v6i1.731

Keywords:

PPKn, Karakter, Pembelajaran Jarak jauh

Abstract

Bahan ajar adalah sebuah alat pembelajaran yang didalamnya memuat informasi yang mengacu pada kurikulum yang dijadikan sebagai acuan pembelajaran. Berdasarkan hasil wawancara terhadap guru PPKn kelas XI yang dilakukan pada 8 sekolah yang meliputi SMAN 1 Srengat, SMAN 3 Kota Blitar, SMA Muhammadiyah Kota Blitar, SMK Islam Kota Blitar, MAN 2 Blitar, SMK Islam Kanigoro, SMAN 1 Sutojayan dan SMAN 1 Kademangan ditemukan permasalahan yaitu kurangnya sumber bahan ajar. Berdasarkan permasalahan tersebut, peneliti ingin mengembangkan produk bahan ajar modul elektronik ini sampai dinyatakan valid oleh validator ahli materi, bahan ajar dan bahasa. Tujuan penelitian ini untuk mengetauhi tingkat keterbacaan modul. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan RnD sampai tahap uji coba produk dengan melakukan uji keterbacaan. Subjek dalam penelitian ini adalah guru PPKn kelas XI di SMA Muhammadiyah Kota Blitar dan SMAN 1 Srengat yang berjumlah 2 guru. Teknik pengumpulan data menggunakan angket validasi produk dan angket validasi keterbacaan produk. Hasil penelitian ini adalah modul elektronik Ayo Berkarakter Pancasila untuk mata pelajaran PPKn kelas XI semester genap yang dibuat menggunakan aplikasi microsoft word 2013 dan aplikasi flip book maker html serta video pendamping yang diedit menggunakan aplikasi kine master mood.Untuk menilai kelayakan produk dilakukan tahap validasi kepada ahli materi, bahan ajar dan bahasa. Hasil validasi ahli materi diperoleh persentase nilai sebesar 80,11 % dengan kategori valid, ahli bahan ajar memperoleh persentase sebesar 92% kategori sangat valid dan ahli bahasa memperoleh persentase nilai 95,5% kategori sangat valid. Sedangkan tahap uji coba poduk dilakukan dengan menguji tingkat keterbacaan produk. pada uji keterbacaan produk diperoleh persentase nilai rata-rata sebesar 94,5% artinya produk dapat terbaca dari segi gambar dan tampilan, tata bahasa dan penulisan, bahasa, tata letak modul, kegiatan modul dan evaluasi sehingga produk dapat dipakai dalam pembelejaran PPKn kelas XI di tingkat SMA/SMK/MA pada semester genap.

 

Kata Kunci: Ayo Berkarakter, Pancasila, Pembelajaran, Jarak Jauh, PPKn

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-06-06

How to Cite

afriska yurniawati, Putri Rarasati , I. ., & Yusuf Zen , M. . (2022). Pengembangan Modul Elektronik Ayo Berkarakter Pancasila Untuk Pembelajaran Jarak Jauh SMA/SMK/MA Kelas XI Semester 2. Civic-Culture : Jurnal Ilmu Pendidikan PKN Dan Sosial Budaya, 6(1), 545–560. https://doi.org/10.31597/ccj.v6i1.731

Issue

Section

Articles