Paradigma dan Reorientasi Konsepsi Penanaman Nilai Nilai Pancasila pada Masyarakat dan Keluarga
DOI:
https://doi.org/10.31597/ccj.v6i1.655Keywords:
paradigma, pancasila, penanaman nilai, keluarga, masyarakatAbstract
Isu penting dalam pendidikan masyarakat dan keluarga ialah persoalan karakter dan nilai. Karakter membahas tentang mindset berupa cara pandang dan bersikap atas sesuatu. Karakter ini akan berpengaruh pada perilaku dan tindakan seseorang dalam mengambil pilihan atas nilai, pilihan atas sikap, dan perilaku yang akan dilakukan secara konkret. Perubahan sosial dan politik yang terjadi di Indonesia sejak paska reformasi tahun 1999 telah membawa dampak pada perubahan sikap, perilaku, dan nilai nilai dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Kondisi ini tidak hanya berpengaruh pada orientasi nilai dan sikap di masyarakat dan keluarga untuk dapat menumbuhkan kesadaran nasional dan bela negara. Persoalan mendasar yang dihadapi masyarakat saat ini ialah persoalan orientasi atas nilai-nilai berbangsa dan bernegara di kalangan masyarakat dan keluarga yang berpengaruh pada sikap dan perilaku dalam hidup bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Maraknya aksis intoleransi, tindakan terorisme, gerakan radikalisme dan fundementalisme yang mengarah pada sikap dan perilaku masyarakat menjadi anti Pancasila. Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan metode dan model penanaman nilai nilai Pancasila di kalangan masyarakat dan keluarga dan memberikan rekomendasi kebijakan kepada pemerintah dan lembaga terkait dalam menanamkan nilai nilai Pancasila di kalangan masyarakat dan keluarga. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data penelitian diperoleh melalui kajian pustaka, Focus Group Discussion, dan observasi lapangan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa paradigma dan konsepsi penanaman nilai nilai Pancasila pada masyarakat dan keluarga perlu menggunakan pendekatan persuasif dan structural untuk mendapatkan pemahaman yang menyeluruh tentang peran penting Pancasila sebagai dasar dan pedoman dalam pendidikan masyarakat dan keluarga.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Author is the Copyright Holder