Peran Kelompok Teman Sebaya dalam Upaya Pembentukan Moral Siswa di Kabupaten Ponorogo
DOI:
https://doi.org/10.31597/ccj.v4i2%20Extra.439Keywords:
Pembentukan moral, Teman SebayaAbstract
Penelitian ini membahas tentang peran kelompok teman sebaya dalam pembentukan moral siswa di Kabupaten Ponorogo. Fokus dalam tulisan ini adalah melihat peran kelompok teman sebaya pada lingkup pendidikan siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) atau remaja. Tulisan ini menggunakan metode kepustakaan yaitu dengan mengumpulkan banyak informasi dan dokumentasi tentang peran kelompok teman sebaya sebagai pembentuk moral siswa pada masa remaja. Dalam konteks seperti itu, teman sebaya dipahami sebagai salah satu sumber informasi yang cukup signifikan dalam membentuk pengetahuan, sikap dan perilaku pada siswa remaja. Dari hasil informasi yang telah dikoleksi oleh peneliti dapat diperoleh kesimpulan bahwa urgensi moral pada remaja di Kabupaten Ponorogo membuktikan bahwa pembentukan moral yang positif dengan memaksimalkan peran teman sebayanya sangatlah perlu dilakukan. Pembentukan moral merupakan suatu tindakan untuk membimbing dan melembagakan nilai-nilai moral. Hal ini dilihat dari beberapa informasi yang telah peneliti dapat dari beberapa hasil penelitian bahwasannya sebagian besar waktu remaja atau siswa dihabiskan untuk berhubungan atau bergaul dengan teman-teman sebaya mereka. Dalam perkembangan sosio emosional, melalui interaksi sebayalah anak-anak belajar bagaimana berinteraksi dalam hubungan yang simetris dan timbal balik. Maka dari itu, dapat disimpulkan bahwa pembentukan moral siswa baik negatif maupun positif sangat bergantung terhadap pergaulan teman sebaya. Ini dikarenakan seringnya siswa berinteraksi dengan teman sebaya dilingkungan sekolah dan masyarakat sehingga siswa cenderung mengikuti tindakan yang dilakukan oleh teman sebayanya.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Author is the Copyright Holder