Kepatuhan Hukum Berlalu Lintas Pada Mahasiswa PRODI Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Universitas Jambi

  • Tri Yunida Universitas Jambi
  • Akmal Sutja
  • Nurmalia Dewi
Keywords: kepatuhan hukum, compliance, identification, internalization

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepatuhan hukum berlalu lintas pada mahasiswa Prodi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Universitas Jambi dan untuk mengetahui kepatuhan hukum berlalu lintas pada mahasiswa Prodi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Universitas Jambi berdasarkan indikator compliance. identification dan internalization.

Penelitian ini dilakukan di Prodi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Universitas Jambi. Dalam penelitian ini, pendekatan penelitian kualitatif yang digunakan. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah Studi kasus, data yang dikumpulkan dalam penelitian ini bersifat deskriptif yang dihasilkan nantinya berbentuk penjabaran berupa kata-kata maupun gambar dan tidak menekankan pada angka.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kepatuhan hukum berlalu lintas mahasiswa masih banyak yang melanggar peraturan lalu lintas. Upaya yang dilakukan oleh pihak kepolisian untuk mengurangi angka pelanggaran lalu lintas adalah dengan melakukan tindakan tilang. Kepatuhan hukum berlalu lintas berdasarkan compliance, yaitu kepatuhan hukum mahasiswa hanya pada perilakunya saja sehingga hanya saat-saat tertentu saja mereka mematuhi peraturan lalu lintas serta upaya yang dilakukan aparat kepolisian berupa himbauan tindakan teguran dan tindakan tilang. Kepatuhan hukum berdasarkan Identification mahasiswa telah mematuhi kepatuhan hukum seperti telah memiliki helm, SIM, STNK dan selalu membayar pajak kendaraan bermotor. Upaya yang dilakukan oleh pihak kepolisian berupa pencegahan serta memberikan edukasi, sosialisasi dan memberikan spanduk-spanduk di jalan. Kepatuhan hukum berdasarkan internalization mahasiswa mengetahui tujuan dan fungsi dari pentingnya mematuhi peraturan lalu lintas. Sehingga menyebabkan mahasiswa patuh kepada peraturan tersebut serta upaya yang dilakukan oleh pihak kepolisian berupa ajakan atau bimbingan kepada pelaku pelanggaran agar mau bertindak sesuai dengan aturan yang berlaku.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-12-27
How to Cite
Tri Yunida, Sutja, A., & Dewi, N. (2023). Kepatuhan Hukum Berlalu Lintas Pada Mahasiswa PRODI Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Universitas Jambi. Civic-Culture : Jurnal Ilmu Pendidikan PKN Dan Sosial Budaya, 7(2), 806-816. https://doi.org/10.31597/ccj.v7i2.1019
Section
Articles