PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI POKOK LIMIT FUNGSI KELAS XI IPS-2

  • Abdul Wahed SMA Negeri 1 Tanjungbumi
Keywords: Limit Fungsi, PTK, STAD

Abstract

Tujuan penelitian ini meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pokok limit fungsi kelas XI.  Metode penelitian merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yaitu menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Subjek penelitian siswa kelas XI  IPS-2.Teknis analisis yaitu tes dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan yaitu peningkatan hasil belajar matematika materi Limit Fungsi siswa SMA Negeri 1 Tanjungbumi kelas XI IPS-3 setelah diterapkan model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) berbasis kontekstual pada semester II tahun pelajaran 2021-2022, terlihat dari nilai rata-rata siswa mencapai 70,94 dengan ketuntasan klasikal 71,88%, pada siklus II terjadi  peningkatan  nilai  rata -rata siswa mencapai 83,13 dengan  ketuntasan  klasikal 93,75%.

Published
2023-07-31
How to Cite
Wahed, A. (2023). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI POKOK LIMIT FUNGSI KELAS XI IPS-2. Apotema : Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(2), 223-229. https://doi.org/10.31597/ja.v9i2.970