Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Head Together Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas I SD

Authors

  • Ma'rifatul Layliyah Atika Universitas PGRI Semarang
  • Veryliana Purnamasari
  • Fine Reffiane

DOI:

https://doi.org/10.31597/ja.v9i2.945

Keywords:

NHT, Hasil Belajar, Matematika

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran NHT (Numbered Heads Together) terhadap hasil belajar peserta didik kelas IB SD N Peterongan pada materi pengurangan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan desain penelitian dari pre-experimental yaitu one group pretest-posttest design. Populasi penelitian ini yaitu seluruh peserta didik dari kelas IB SD Peterongan Semarang. Data yang digunakan yaitu wawancara, dokumentasi, dan tes. Kemudian untuk instrumen penelitiannya yaitu pedoman wawancara, lembar tes, dan kamera. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa ada peningkatan hasil belajar peserta didik yang dapat dilihat dari hasil pretest dan posttest yang telah dilakukan. Hal tersebut telah dibuktikan dengan pengujian hipotesis yang menyatakan bahwa nilai thitung lebih besar dari pada ttabel (8,269>2,042) maka Ho ditolak dan Ha diterima atau diartikan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar. Jadi model NHT berpengaruh pada peningkatan hasil belajar peserta didik kelas IB SD Peterongan

Downloads

Published

2023-07-31

How to Cite

Atika, M. L., Purnamasari, V., & Reffiane, F. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Head Together Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas I SD. Apotema : Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(2), 200–208. https://doi.org/10.31597/ja.v9i2.945