Kepercayaan Diri Siswa dan Kaitannya dengan Prestasi Belajar Matematika
DOI:
https://doi.org/10.31597/ja.v9i2.934Abstract
Rasa percaya diri perlu dimiliki oleh seorang siswa. Karena percaya diri mampu menumbuhkan semangat dan motivasi dalam belajar matematika. Matematika merupakan salah satu ilmu pengetahuan yang memiliki banyak manfaat dalam kehidupan. Oleh karena itu, sebisa mungkin siswa-siswi dapat menyukai pembelajaran matematika dengan rasa percaya diri yang mereka miliki. Pada penelitian ini, data kepercayaan diri didapatkan dari instrumen berbentuk kuesioner yang telah divalidasi dan data prestasi belajar didapatkan dari nilai matematika pada semester sebelumnya. Sampel yang digunakan pada peneliti adalah seluruh siswa kelas 6C di SDN Sarakan II yang berjumlah 25 siswa. Uji persyaratan analisis data yang berupa instrumen kuesioner dilakukan menggunakan uji normalitas, uji validasi, dan uji reliabilitas. Kemudian pengujian hipotesis dilakukan menggunakan uji korelasi pearson. Dari hasil analisis menggunakan uji korelasi pearson yang melibatkan 25 siswa pada kelas yang sama, didapatkan nilai signifikasi adalah 0,01 dengan koefisien korelasi pearson yang didapatkan sebesar 0,612. Maka dari itu, kepercayaan diri dan prestasi belajar matematika berkorelasi kuat.