Implementasi Etnomatematika Berbasis Budaya Lokal Dalam Pembelajaran Matematika Pada Sekolah Dasar Inpres Lewoneda
DOI:
https://doi.org/10.31597/ja.v9i2.922Keywords:
Etnomatematika, Budaya Lokal, Pembelajaran MatematikaAbstract
Penelitian ini bertujuan 1) untuk mengetahui unsur-unsur matematika yang terdapat pada kain tenun Desa Mudakeputu, dan 2) untuk mengetahui bagaimana implementasi etnomatematika pada pembelajaran matematika di Sekolah Dasar Inpres Lewoneda. Penelitian ini dilaksanakan di dua tempat yakni di Desa Mudakeputu pada bulan april 2022 sampai bulan mei 2022, dan di Sekolah Dasar Inpres Lewoneda pada bulan mei 2022. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subyek dalam penelitian ini adalah 3 orang penenun desa Mudakeputu dan siswa kelas V Sekolah Dasar Inpres Lewoneda. Obyek penelitian ini adalah unsur-unsur matematika yang terdapat pada kain tenun dan implementasi etnomatematika pada pembelajaran matematika di Sekolah Dasar Inpres Lewoneda. Teknik analisis data mengacu pada Miles & Huberma. Data diperoleh dari hasil wawancara denngan narasumber penenun. Data wawancara berupa hasil analisis pembuatan kain tenun desa Mudakeputu berupa unsur-unsur matematika yang terdapat pada kain tenun desa Mudakeputu. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) terdapat unsur-unsur matematika pada kain tenun desa Mudakeputu yaitu, bangun datar belah ketupat, bangun datar segitiga, bangun datar persegi panjang, dan pola bilangan, (2) hasil implementasi etnimatematika pada pembelajaran matematika di SD Lewoneda menunjukan siswa sudah mampuh untuk mendeskripsikan unsur-unsur yang diketahui, ditanya, dan kecakupan unsur yang ditemukan, merumuskan masalah matematika atau menyusun model matematika, menerapkan strategi untuk menyelesaikan berbagai masalah dalam atau di luar matematika, menjelaskan atau menginterprestasikan hasil sesuai permasalahan awal.