Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Di Sekolah Inklusi

Authors

  • Elsa Agustina Universitas Madura
  • Moh Zayyadi Universitas Madura

DOI:

https://doi.org/10.31597/ja.v9i1.890

Keywords:

Literasi, Numerasi, Inklusi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi gerakan literasi sekolah bagi anak berkebutuhan khusus di sekolah penyelenggara pendidikan inklusi, kendala yang dialami serta upaya dalam mengatasi kendala tersebut. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif, subjek penelitian yaitu tiga orang siswa tunarungu kelas 1 di SLB NEGERI BUGIH Kecamatan Pamekasan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Implementasi gerakan literasi sekolah dilakukan dengan mengutamakan lingkungan sosial yang afektif dan menciptakan kondisi lingkungan fisik yang nyaman dan ramah literasi. Implementasi diawali dengan tahap persiapan kemudian tahap pengembangan dan diakhiri dengan tahap pembelajaran. Kendala dalam implementasi kegiatan literasi sekolah berkaitan dengan terbatasnya jumlah buku non pembelajaran, kurangnya pengetahuan guru tentang gerakan literasi, sarana pojok baca yang masih kurang nyaman dan rendahnya motivasi siswa tunarungu dalam kegiatan literasi. Kendala tersebut diselesaikan dengan pengadaan buku bacaan tambahan, mengikutsertakan guru dalam pelatihan tentang literasi sekolah, menghias pojok baca supaya lebih menarik dan nyaman serta bekerjasama dengan pihak orang tua untuk memotivasi dan membiasakan melakukan literasi baik di sekolah maupun di rumah.

Downloads

Published

2023-02-05

How to Cite

Elsa Agustina, & Moh Zayyadi. (2023). Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Di Sekolah Inklusi. Apotema : Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(1), 15–20. https://doi.org/10.31597/ja.v9i1.890