Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kemampuan Pembuktian Matematika Siswa pada Materi Induksi Matematika
DOI:
https://doi.org/10.31597/ja.v9i1.871Keywords:
Kemampuan Pembuktian Matematika, Induksi MatematikaAbstract
Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi kemampuan pembuktian matematika siswa kelas XI MIA 2 di SMA Negeri 1 Alu pada Materi Induksi Matematika. Penentuan subjek penelitian dengan menggunakan purposive sampling sehingga mendapakan 6 orang dengan kategori kemampuan pembuktian matematika tinggi, sedang, dan rendah. Data penelitian ini dikumpulkan melalui instrumen penelitian berupa lembar tes dan pedoman wawancara. Hasil tes kemampuan pembuktian matematika siswa menunjukkan terdapat 4 orang siswa dengan kategori kemampuan pembuktian matematika tinggi, 4 orang siswa dengan kategori kemampuan pembuktian matematika sedang, dan 17 orang siswa dengan kategori kemampuan pembuktian matematika rendah. Hasil wawancara menunjukkan bahwa faktor yang paling besar pengaruhnya terhadap kemampuan pembuktian matematika siswa yaitu faktor kemampuan, faktor sikap dan motivasi, serta faktor pengalaman, sedangkan faktor yang paling kecil pengaruhnya yaitu faktor guru dan faktor waktu. Hal tersebut menjadi dasar dalam mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan pembuktian matematika siswa.