Penerapan Macromedia Flash untuk Media Pembelajaran Matematika Materi Bangun Datar Pada Sekolah Dasar

  • Cukri Rahmi Niani Universitas Teuku Umar
  • Hayatun Magfirah
  • Nica Astrianda
Keywords: Macromedia Flash, Bangun Datar

Abstract

Matematika merupakan penelaah struktur abstrak yang didefenisikan secara aksioma dengan menggunakan logika simbolik dan notasi. Penyampaian materi yang abstrak bagi siswa merupakan suatu kendala yang ditemui saat proses pembelajaran berlangsung. Hal tersebut menuntut bagi pendidik untuk dapat menggunakan atau menciptakan suatu media pembelajaran yang dapat membantu para siswa dalam memahami suatu konsep abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan aplikasi berbasis macromedia flash pada materi bangun datar. Metode penelitian yaitu dengan mendesain materi pelajaran bangun datar melalui aplikasi macromedia flash. Selanjutnya desain aplikasi tersebut diaplikasikan pada siswa sekolah dasar untuk mengetahui peningkatan pemahaman terhadap materi bangun datar. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa 1) siswa dapat dengan mudah membedakan jenis-jenis bangun datar beserta sifat-sifatnya. 2) terdapat peningkatan minat belajar siswa pada matematika dengan menggunakan aplikasi macromedia flash.

Published
2023-07-31
How to Cite
Niani, C. R., Magfirah, H., & Astrianda, N. (2023). Penerapan Macromedia Flash untuk Media Pembelajaran Matematika Materi Bangun Datar Pada Sekolah Dasar. Apotema : Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(2), 118-122. https://doi.org/10.31597/ja.v9i2.867