Literasi Matematika Siswa Smp Dalam Merumuskan, Menerapkan, dan Menafsirkan Masalah Pecahan

Authors

  • Lalu Saparwadi ITSKes Muhammadiyah Selong

DOI:

https://doi.org/10.31597/ja.v9i1.857

Abstract

Abstract 

Literasi matematika merupakan suatu kemampuan seseorang dalam merumuskan, menerapkan, serta menafsirkan masalah dengan konsep matematika berdasarkan fenomena dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan literasi siswa SMP dalam merumuskan, menerapkan, dan menafsirkan masalah matematika yang berkaitan dengan pecahan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini merupakan seorang siswa yang berkemampuan tinggi. Pengambilan data dilakukan melalui wawancara berbasis tugas tes tertulis yang divalidasi melalui triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dalam merumuskan penyelesaian masalah di awali dengan mengidentifikasi semua aspek data yang ada dalam masalah dan selanjutnya membuat model matematika melalui representasi simbolik dan representasi visual. Sementara pada saat menerapkan penyelesaian, siswa menggunakan berbagai strategi dalam menghubungkan hasil representasi visual dengan semua aspek data yang ditemukan dalam masalah. Kegiatan selanjutnya yang dilakukan yaitu menemukan bagian yang tidak diketahui dalam masalah setelah menerapkan berbagai strategi dan algoritma. Kegiatan terakhir dalam literasi matematika ini yaitu merumuskan masalah. Ini dilakukan melalui kegiatan menafsirkan temuan hasil yang diperoleh dan selanjutnya mengevaluasi solusi yang diperoleh berdasarkan tujuan dari masalah yang dipecahkan.

Downloads

Published

2023-02-05

How to Cite

Saparwadi, L. (2023). Literasi Matematika Siswa Smp Dalam Merumuskan, Menerapkan, dan Menafsirkan Masalah Pecahan. Apotema : Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(1), 30–37. https://doi.org/10.31597/ja.v9i1.857