Perbandingan Model Team Assisted Individualization Berbasis Probing-Prompting Dengan Model Two Stay Two Stray Terhadap Pemahaman Konsep Matematis

Authors

  • Ade Susanti Universitas Merangin
  • Sugeng Riyadi Universitas Merangin
  • Ferinaldi Universitas Merangin
  • Muhammad Jainuri Universitas Merangin

DOI:

https://doi.org/10.31597/ja.v9i1.856

Keywords:

Team Assisted Individualization, Probing-prompting, Two Stay Two Stray, Pemahaman Konsep matematis

Abstract

Pembelajaran merupakan suatu sistem  yang saling berhubungan antara komponen-komponen pembelajaran. Dosen sebagai pengajar harus memperhatikan komponen-komponen tersebut dalam menentukan model pembelajaran yang tepat untuk diterapkan dalam proses pembelajaran. Proses pembelajaran yang dilakukan selama ini masih belum mampu menciptakan tujuan pembelajaran yang diharapkan terutama tujuan pembelajaran matematika. salah satu tujuan pembelajaran matematika adalah peserta didik mampu memahami konsep matematika dan mampu menerapkannya dalam pemecahan masalah. Namun, pemahaman konsep matematis mahasiswa pendidikan Matematika STKIP YPM Bangko. Mahasiswa masih kesulitan dalam memahami dan menemukan sendiri informasi atau data untuk diolah menjadi   konsep atau rumusan masalah untuk selanjutnya diterapkan dalam pemecahan masalah. Oleh sebab itu, perlu diterapkan suatu model pembelajaran untuk mecari solusi agar tujuan pembelajaran tercapai.  Model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) berbasis probing-prompting dan model Two Stay Two Stray (TS-TS) merupakan dua model pembelajaran kooperatif yang dapat diuji cobakan. Tujuannya adalah apakah terdapat perbedaan pemahaman konsep matematis mahasiswa yang diajar menggunakan model pembelajaran TAI berbasis probing-prompting dan yang diajarkan dengan model TS-TS. Berdasarkan analisis pengujian hipotesis yang telah dilakukan diperoleh  bahwa rata-rata skor kelas eksperimen 1 sebesar 22,47 dan kelas eksperimen 2 sebesar 20,41.  Untuk uji-t diperoleh nilai dan nilai pada taraf signifikansi 5 % dan derajat kebebasan 41.  Dengan membandingkan  dan  diperoleh bahwa    atau 2,024 > 2,019 sehingga  diterima dengan artian terdapat perbedaan pemahaman konsep matematis mahasiswa yang diajar menggunakan model pembelajaran TAI berbasis probing-prompting dengan mahasiswa yang diajar menggunakan model pembelajaran TSTS.

Downloads

Published

2023-02-05

How to Cite

Susanti, A., Riyadi, S., Ferinaldi, & Jainuri, M. (2023). Perbandingan Model Team Assisted Individualization Berbasis Probing-Prompting Dengan Model Two Stay Two Stray Terhadap Pemahaman Konsep Matematis. Apotema : Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(1), 21–29. https://doi.org/10.31597/ja.v9i1.856