Pengembangan Media Pembelajaran Dengan Videoscribe Pada Mata Pelajaran Matematika Dengan Pokok Bahasan Statistika Di Sekolah Menengah Atas (SMA)

Authors

  • Ana Zakia Irawan UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG
  • Putri Fitria Sari
  • Anggria Septiani Mulbasari

DOI:

https://doi.org/10.31597/ja.v9i1.855

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan media pembelajaran video editing berbasis Videoscribe pada materi statistika yang valid, praktis, untuk mengatahui keefektifan media pembelajaran video editing berbasis Videoscribe pada materi statistika dilihat dari tes hasil belajar. Metode Penelitian yang di gunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian dan pengembangan (Research and Development). Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan wawancara, angket/kuesioner dan tes. Subjek dalam penelitian ini adalah SMA Negeri 1 Pangkalan Lampam kelas XII. Hasil penelitian menunjukkan pengembangan bahan ajar berbentuk videoscribe pada materi statistika yang ada di kelas XII adalah valid . Hal ini diperkuat dengan diperolehnya persentase hasil analisis nilai rata-rata kevalidan dari validator melalui lembar angket validasi sebesar 89,55 %. Pengembangan bahan ajar berbentuk videoscribe pada materi statistika yang ada di kelas XII adalah praktis. Hal ini diperkuat dengan diperolehnya hasil analisis persentase nilai rata-rata kepraktisan yang telah didapat dari siswa uji coba lembar angket siswa sebesar 91,43 % dan pengembangan bahan ajar berbentuk videoscribe pada materi statistika yang ada di kelas XII adalah efek potensial. Hal ini diperkuat dengan diperolehnya hasil analisis persentase nilai rata-rata dari efek potensial yang telah didapat dari siswa uji coba melalui uji tes soal sebesar 85,78 %.

 

Kata Kunci : Videoscribe, Statistika

Downloads

Published

2023-02-05

How to Cite

Irawan, A. Z., Fitria Sari, P., & Mulbasari, A. S. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Dengan Videoscribe Pada Mata Pelajaran Matematika Dengan Pokok Bahasan Statistika Di Sekolah Menengah Atas (SMA). Apotema : Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(1), 1–6. https://doi.org/10.31597/ja.v9i1.855