Identifikasi Etnomatematika Pada Motif Kain Tenun Lembata

Authors

  • Flora Santosia Ina Koli
  • Sumartono Sumartono
  • Lusiana Prastiwi

DOI:

https://doi.org/10.31597/ja.v9i1.851

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi etnomatematika yang ada pada motif kain tenun Lembata. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan etnografi. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi.  Instrumen pertama pada penelitian ini adalah peneliti sediri, sedangkan instrumen bantuh berupa lembar observasi, pedoman wawancara, dan lembar observasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi metode dan triangulasi sumber, kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian di analisis dengan mengidentifikasi konsep matematika yang terkandung dalam motif kain tenun Lembata dan kemudaian dideskripsikan sesuai dengan sifat-sifatnya. Hasil penelitian menunjukan bahwa beberapa motif ada kain tenun Lembata memunculkan beberapa konsep matematika yang teridentifikasi sebagai konsep geometri bangun datar, himpunan, relasi, sumbu simetri, perbandingan senilai, kesebangunan, kekongruenan, dan transformasi geometri. Konsep-konsep matematika tersebut dapat ditemukan di motif mokung, motif peledang, motif ikan paus, motif atadiken, motif kemeru kepi, motif mike, motif mahli pulok lema, dan motif mahli pito. Hasil penelitian ini diharapkan dapat diterapkan dalam proses pembelajaran berbasis etnomatematika pada budaya kabupaten Lembat

Downloads

Published

2023-02-05

How to Cite

Santosia Ina Koli, F., Sumartono, S., & Prastiwi, L. (2023). Identifikasi Etnomatematika Pada Motif Kain Tenun Lembata. Apotema : Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(1), 55–62. https://doi.org/10.31597/ja.v9i1.851