Pengaruh Metode Cooperative Learning Tipe Nht (Numbered Head Together) Terhadap Hasil Belajar Ditinjau Dari Gender

  • Try Yanti Meilani
  • Edy Widayat
  • Sumartono Sumartono
  • WINDI SETIAWAN Universitas Dr. Soetomo

Abstract

Di dalam pendidikan, hasil belajar menjadi tolak ukur kemampuan siswa apakah dalam proses pembelajaran sudah mencapai tujuan awal pembelajaran. Hasil belajar siswa bisa dipengaruhi beberapa faktor eksternal maupun internal. Seperti di sekolah, metode pembelajaran yang dipilih oleh guru juga berpengaruh, karena akan terlihat pada saat proses belajar mengajar berlangsung apakah murid terlihat aktif atau pasif. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh metode Pengaruh Metode Cooperative Learning Tipe TGT (Team Games Tournaments) Dan NHT (Numbered Head Together) Terhadap Hasil Belajar Siswa Ditinjau Dari Gender. Dalam penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Data penelitian berupa nilai hasil belajar siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan pretest dan posttest. Kemudian dilakukan uji analisis data berawal dari uji validitas dan reliabilitas, uji prasyarat, kemudian uji t.Berdasarkan hasil analisis diperoleh tiga kesimpulan. Pertama, gender tidak mempengaruhi hasil belajar siswa yang diajar menggunakan metode Cooperative Learning Tipe TGT (Team Games Tournaments). Kedua, gender juga tidak mempengaruhi hasil belajar siswa yang diajar menggunakan metode Cooperative Learning Tipe NHT (Numbered Head Together. Ketiga, ada perbedaan hasil belajar antara siswa yang diajar menggunakan Metode Cooperative Learning Tipe TGT (Team Games Tournaments) Dan NHT (Numbered Head Together), namun disini gender tidak mempengaruhi apapun

Published
2022-08-03
How to Cite
Meilani, T. Y., Widayat, E., Sumartono, S., & WINDI SETIAWAN. (2022). Pengaruh Metode Cooperative Learning Tipe Nht (Numbered Head Together) Terhadap Hasil Belajar Ditinjau Dari Gender. Apotema : Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(2), 102-107. https://doi.org/10.31597/ja.v8i2.772