Profil Respon Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Geometri Kelas X Sma Negeri 1 Grati Pasuruan Berdasarkan Taksonomi Solo
Keywords:
respon siswa, soal geometri, taksonomi SoloAbstract
Mengetahui gambaran kinerja siswa dalam memahami tugas-tugas yang diberikan sangat penting untuk mendukung pembelajaran. Taksonomi Solo menyediakan suatu pendekatan untuk mengevaluasi dan mengkategorikan kinerja kognitif dengan mempertimbangkan struktur hasil belajar yang diamati. Penelitian ini mengkaji respon siswa dalam menyelesaikan tugas berdasarkan taksonomi Solo. Peneliti mengukur kualitas jawaban berdasarkan pada kompleksitas pemahaman siswa terhadap soal yang diberikan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif eksploratif. Sumber data penelitian ini adalah siswa kelas X IPA 4 SMA Negeri 1 Grati Pasuruan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa respon siswa dalam menyelesaikan soal berada pada level multistruktural, relasional dan extended abstrak. Siswa kategori rendah mencapai level multistruktural karena mereka mampu membuat beberapa koneksi dan fokus pada beberapa aspek. Siswa kategori sedang memberikan respon maksimal pada level relasional karena mengaitkan konsep atau proses sehingga semua informasi terhubung secara relevan dan diperoleh kesimpulan yang relevan. Siswa kategori tinggi mencapai level extended abstrak karena mampu mengaitkan konsep atau proses sehingga semua informasi terhubung secara relevan dan diperoleh kesimpulan yang relevan serta menggunakan prinsip umum yang tidak terdapat dalam soal. Sesuai dengan temuan pada penelitian ini, peneliti menyarankan bahwa memahami level berpikir siswa dalam menyelesaikan soal perlu dilakukan sehingga dapat memberikan bantuan yang diperlukan siswa untuk meningkatkan kemampuannya. Kajian level berpikir siswa dalam penelitian ini masih terbatas, untuk itu perlu adanya penelitian dengan kajian yang lebih mendalam dengan masalah yang lain