Pengaruh Konsep Diri Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa

Authors

  • Siti Khodijah Universitas Indraprasta PGRI
  • Arif Rahman Hakim

DOI:

https://doi.org/10.31597/ja.v10i1.1045

Keywords:

Pembelajaran Matematika, Konsep Diri, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika.

Abstract

Penelitian yang dilaksanakan di SMA Uswatun Hasanah Pinang Ranti Jakarta Timur ini memiliki tujuan untuk membuktikan pengaruh konsep diri terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa pada siswa kelas X. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode survei korelasional analisis regresi sederhana. Populasi target dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di SMA Uswatun Hasanah. Populasi terjangkau dalam penelitian ini hanya siswa kelas X di SMA Uswatun Hasanah. Adapun sampel penelitian berjumlah 30 siswa sebagai responden dengan teknik pengambilan sampel secara sampling jenuh. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket konsep diri dan soal essai kemampuan pemahaman konsep matematika siswa. Teknik analisis data dilakukan dengan uji korelasi dan uji regresi sederhana. Berdasarkan perhitungan data hasil penelitian, diperoleh nilai rhitung = 0,077; rtabel = 12,59; KD = 0,598%; thitung = 0,412; ttabel = 2,048; Y = 65,62 + 0,107X; Fhitung = 0,18; Ftabel = 4,20. Secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif tidak signifikan konsep diri terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa pada siswa kelas X di SMA Uswatun Hasanah Pinang Ranti Jakarta Timur.

Downloads

Published

2024-02-06

How to Cite

Khodijah, S., & Hakim, A. R. (2024). Pengaruh Konsep Diri Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Apotema : Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(1), 56–64. https://doi.org/10.31597/ja.v10i1.1045