Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Matriks
Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Pendekatan Problem Based Learning untuk Memfasilitasi Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Madrasah Tsanawiyah Al- Muttaqin Pekanbaru.
DOI:
https://doi.org/10.31597/ja.v10i1.1031Abstract
Pengembangan LKS berbasis pendekatan problem based learning untuk memfasilitasi kemampuan berpikir kreatif matematis ini dilakukan karena pada proses pembelajaran siswa menggunakan LKS yang pada umumnya kurang mengembangkan kegiatan pembelajaran yang membuat siswa kritis dan kreatif sedangkan pemanfaatan bahan ajar berbentuk LKS masih kurang terutama pada pembelajaran matematika dan pada proses pemanfaatan pendekatan belajar salah satunya problem based learning belum dioptimalkan serta berpikir kreatif matematis siswa masih kurang. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKS berbasis pendekatan problem based learning yang valid dan praktis serta untuk memfasilitasi kemampuan berpikir kreatif matematis siswa pada materi transformasi. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Penelitian ini dilakukan di Madrasah Tsanawiyah Al-Muttaqin Pekanbaru. Subjek penelitian adalah 6 siswa kelompok kecil, 30 siswa kelompok terbatas dan objek penelitian adalah LKS matematika berbasis pendekatan problem based learning. Jenis data berupa data kuantitatif dan kualitatif. Instrumen pengumpulan data berupa angket uji validitas, angket uji praktikalitas dan soal tes