Pengembangan Modul Ajar Matematika Berbasis Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Pemecahan Masalah Siswa SMP
Pengembangan Modul Ajar Matematika Berbasis Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Pemecahan Masalah Siswa SMP
DOI:
https://doi.org/10.31597/ja.v10i1.1028Keywords:
Modul ajar, kearifan lokal dan pemecahan masalahAbstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengembangan modul ajar matematika berbasis kearifan lokal untuk meningkatkan pemecahan masalah siswa SMP pada materi bangun ruang sisi datar serta mengetahui kelayakan modul ajar matematika berbasis kearifan lokal meliputi kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan dari modul ajar yang dikembangkan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Subjek penelitian ini yaitu peserta didik kelas VIIA (Fase D). Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, angket dan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis dari segi kelayakan modul ajar yang memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa modul ajar matematika berbasis kearifan lokal untuk meningkatkan pemecahan masalah siswa SMP dikategorikan 1) valid dengan hasil persentase 85,69% yang berarti bahwa modul ajar matematika berbasis kearifan lokal dapat digunakan dalam proses pembelajaran, 2) praktis berdasarkan hasil uji coba luas dari data angket respon siswa dengan hasil persentase 84% dan angket respon pendidik dengan hasil persentase 85% yang berarti bahwa modul ajar matematika berbasis kearifan lokal mudah digunakan dan diterapkan dalam penggunaannya, dan 3) efektif berdasarkan hasil pre-test dan post-test kemampuan pemecahan masalah dari hasil N-Gain skor rata-rata 0,78 persentase sebesar 78% dengan kriteria tinggi yang berarti bahwa modul ajar matematika berbasis kearifan lokal dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa. Berdasarkan hal tersebut, maka modul matematika berbasis kearifan lokal dapat dikategorikan valid, praktis, dan efektif untuk digunakan dalam meningkatkan pemecahan masalah siswa SMP