Pengaruh Disposisi Matematis Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Pada Siswa Kelas VIII Di SMP Bina Insani Bogor

Authors

  • Novi Mustika SMP Bina Insani Bogor, Kota Bogor, Jawa Barat

DOI:

https://doi.org/10.31597/ja.v10i1.1021

Keywords:

Pembelajaran Matematika, Disposisi Matematis, Pemecahan Masalah Matematika.

Abstract

Penelitian yang dilaksanakan di SMP Bina Insani Bogor ini memiliki tujuan untuk membuktikan pengaruh disposisi matematis terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. Metode penelitian yang digunakan adalah survai korelasional dengan analisis regresi sederhana. Populasi target pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di SMP Bina Insani Bogor. Adapun populasi terjangkau dalam penelitian ini hanya siswa kelas VIII di SMP Bosowa Bina Insani Bogor yang berjumlah 75 orang siswa. Sampel penelitian sebanyak 75 orang responden dengan teknik sampling yang digunakan adalah sampling jenuh. Teknik analisis data dilakukan dengan uji korelasi dan regresi yang terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan analisis berupa uji normalitas dan uji linearitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedua kelompok data berdistribusi normal dan berpola linier. Berdasarkan uji hipotesis dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa disposisi matematis berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika di SMP Bina Insani Bogor. Adapun besarnya kontribusi pengaruh disposisi matematis terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika adalah 2%.

Downloads

Published

2024-02-06

How to Cite

Mustika, N. (2024). Pengaruh Disposisi Matematis Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Pada Siswa Kelas VIII Di SMP Bina Insani Bogor. Apotema : Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(1), 31–38. https://doi.org/10.31597/ja.v10i1.1021